Oleh: Nurcholis | 

Kawanuainside.com, Duba–Pemerintah Saudi menahan 85 truk Turki selama 10 hari tanpa menunjukkan alasan apa pun.

Arif Vural, salah satu pengemudi Turki, mengatakan kepada TRT World, bahwa setelah meninggalkan Port Iskenderun, mereka mencapai Pelabuhan Duba yang dibuka ke Laut Merah dari barat laut Arab Saudi pada 21 Juli 2019.

Setelah melewati kendali resmi pelabuhan, mereka dibawa ke daerah itu untuk menunggu dan selama 10 hari mereka tidak diizinkan masuk ke negara itu, kata Vural.

Pemandu Vural di Turki mengatakan bahwa petugas bea cukai Arab Saudi atau pekerja lain di pelabuhan itu tidak memberikan informasi apa pun, dan mereka tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Memperhatikan bahwa kendaraan mereka sarat dengan produk tekstil dan makanan, supir truk Turki itu mengatakan mereka yang jauh dari rumah sangat mengkhawatirkan situasi keluarga mereka.

Arif Vural mengatakan beberapa temannya sakit karena kepanasan.

Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan melakukan panggilan telepon ke seorang rekan mereka di Arab Saudi untuk memastikan bahwa truk-truk Turki yang menunggu di Pelabuhan Duba dapat keluar dari bea cukai tanpa masalah.

Menurut informasi yang diterima dari sumber-sumber diplomatik, Kedutaan Besar Turki untuk Riyadh dan Konsulat Jenderal Turki di Jeddah memantau dengan cermat masalah ini dan bekerja pada upaya intensif dengan otoritas Arab Saudi untuk memastikan bahwa pengemudi Turki melewati bea cukai sesegera mungkin. (RTG/ck)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here