Aksi kepulangan akbar warga Palestina

Oleh: Nurcholis

Kawanuainside.com, Gaza – Setidaknya dua warga Palestina gugur dan lebih dari 38 lainnya terluka hari Jumat (7/9) oleh peluru tajam dan peluru berlapis karet ketika pasukan Israel menyerang ribuan pengunjuk rasa yang ambil bagian dalam Aksi Kepulangan Akbar atau disebut Great March of Return mingguan di perbatasan Gaza-Israel.

Pasukan Israel menembakkan peluru karet berlapis baja pada para pengunjuk rasa yang berkumpul di banyak perkemahan di sepanjang perbatasan, mengantarkan syahidnya dua warga Palestina.

Selain itu, setidaknya 38 demonstran juga terluka oleh peluru tajam, termasuk  dua petugas medis dan seorang jurnalis foto, Palestine Post 24.

Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa pasukan pendudukan Israel membunuh dua pengunjuk rasa Palestina dan menembak 66, 38 di antaranya dengan amunisi langsung, pada Jumat ke-73.

Marytr pertama adalah “Ali Sami Ali Alshqar” berusia 17 tahun, dan Khaled Al-Rabei yang berusia 14 tahun.

Beberapa yang terluka dipindahkan ke rumah sakit dan banyak lainnya dirawat di rumah sakit lapangan.

Menurut lembaga HAM Al Mezan Centre Human Rights berbasis di Gaza, pasukan pendudukan Israel telah membunuh 324 warga Palestina sejak pecahnya protes Great Return of March di perbatasan Gaza.

Lebih dari 30.000 lainnya terluka oleh pasukan Israel, termasuk 46 anak-anak, 2 wanita, 4 paramedis dan  2 jurnalis  dan juga melukai 18085 warga Palestina termasuk 4483 anak-anak dan 813 wanita.

Protes mingguan Great Return of March menyerukan pencabutan blokade Israel atas Jalur Gaza dan kembalinya pengungsi Palestina ke rumah leluhur mereka di Palestina sejak dicaplok penjajah sejak 1948. (RTG/CK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here