Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Persoalan BPJS Kesehatan menjadi salah satu keprihatinan Komisi IX DPR RI. Hal ini disampaikan Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene seusai kunjungan ke beberapa mitra kerja di Manado, Rabu (8/1) malam.

Dikatakan Felly bahwa persoalan klasik BPJS Kesehatan itu merugikan masyarakat. Karena itu bisa saja terkait dengan jaminan sosial kesehatan akan diserahkan kembali kepada pemerintah daerah.

“Bisa saja kembali ke Jamkesmas dan Jamkesda yang lalu. Yang paling mengetahui kondisi masyarakatnya kan pemerintah daerah masing-masing,” tegas Felly.

Felly memuji semangat awal BPJS Kesehatan yang tak memandang jenis penyakit dalam melayani masyarakat. Sayangnya misi perlindungannya kini tak berjalan dengan baik.

“Seperti sakit kanker saat ini sudah tidak dilayani. Kemudian ada obat-obat tertentu saja yang diterima. Kalau begitu terus ya kita kembalikan ke pemerintah daerah saja,” tambahnya.

Menurutnya, komisi yang dipimpinnya siap mengawal dan menelorkan kebijakan yang bertujuan melindungi masyatakat, meskipun bisa saja undang-undangnya diganti.

“Tujuannya agar tidak lagi hanya melayani penyakit tertentu. Kita mengupayakan mengembalikan semangat awal mereka,” sebut politisi asal Sulawesi Utara ini.

Dikatakannya lagi bahwa temuan-temuan di lapangan saat kunjungan ke mitra kerja ini, akan disampaikan sebagai prioritas pembahasan seusai reses pertama tahun 2020. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here