Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com Manado – Baznas Tanggap Bencana (BTB) Sulawesi Utara bergegas berangkat menuju Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulut. Kedatangan BTB yang dipimpin langsung oleh Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan dan didampingi Komandan BTB Sulut Mustafa Marhaba, bertujuan membantu korban banjir dan longsor di dua wilayah itu.

Abid Takalamingan berujar setibanya di Bolmong dan Bolmut, rombongan akan langsung mendatangi posko-posko bantuan Baznas, yang memang sudah disiapkan pada kedua lokasi yang terkena bencana tersebut. “Untuk Bolmong, kita sudah membuat posko-posko di beberapa titik yaitu di Lolak, dan Domisil. Sementara di Bolmut, posko kita ada di Sangkub, Bintauna dan Jambu Sarang,” ujar Abid saat dihubungi Senin (9/3).

Rombongan yang berisikan 9 orang relawan ini membawa bantuan bahan makanan seperti beras, sayur, rempah-rempah, kopi, gula, minyak goreng, mie instan, telur, kue, dan susu. “Ada juga bubur bayi, air mineral, pakaian, sarung, tikar, popok bayi, sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, dan pembalut wanita. Seluruhnya adalah permintaan dari posko-posko yg ada di lapangan,” jelas pria yang akrap dipanggil dengan Aba Abid ini.

Abid bilang, sebagian pakaian dan sebagian makanan dibeli dari Manado dan sebagian lagi rencananya dibeli di daerah Bolmong “Kita perhitungkan transportasi yang lebih dekat,” sebut dia.

Komandan BTB Mustafa Marhaba menjelaskan timnya juga akan mengambil data lapangan, untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya. Ini supaya meringanan beban yang menimpa masyarakat yang terdampak dari perspektif Baznas.

Dia berterimakasih juga kepada semua donatur yang telah menitipkan donasinya lewat Baznas Sulut. “Mudah-mudahan semua partisipasi akan sangat bermanfaat bagi para korban, dan Insya Allah apa yang sudah diberikan akan sampai dengan baik kepada masyarakat yang terdampak bencana. Dan Baznas akan terus melakukan penggalangan dana, mengingat kerugian yang dialami warga cukup besar,” tukas Mustafa.

“Paling tidak bisa meringankan beban mereka. Sebagaimana yang disampaikan aba Abid, agar kita semua saling membantu, sebab duka mereka adalah duka kita juga,” kunci Mustafa. (RTG)

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here