Hotel Aryaduta Manado. Foto: Istimewa

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Merebaknya wabah covid-19 memukul okupansi perhotelan di Kota Manado. Bahkan beberapa hotel memilih menutup sementara operasional mereka, sebagai upaya mendukung pemerintah memutus rantai corona.

Salah satu hotel yang memutuskan menutup sementara ialah Hotel Aryaduta Manado. Mereka tutup sementara sejak Rabu (1/4) hingga Kamis (30/4).

“Operasional kami dihentikan sementara sebagai dukungan kami kepada pemerintah dalam memutus rantai covid-19,” ujar Rommy Senduk, General Manager Hotel Aryaduta Manado, Kamis (2/4).

Dia mengharapkan wabah ini akan berlalu supaya operasional Aryaduta bisa kembali berjalan lagi. “Langkah ini untuk kebaikan tamu dan pegawai kami agar tamu serta pegawai kami tak ada yang terjangkit corona,” sebutnya.

Sementara itu beberapa hotel lainnya mengaku masih tetap bertahan, meskipun tingkat okupansi hotel pada saat ini sedang anjlok. Swissbel-Maleosan Hotel dan Hotel Ibis contohnya.

“Okupansi kami cuma 15%, tapi kami tetap berusaha untuk survive,” ujar GM Swiss-Belhotel Manado, Enggelien Makalew, Kamis (2/4).

Kata Enggelien, salah satu alasan mengapa tidak menutup operasional hotel karena memikirkan kesejahteraan karyawan hotel. “Kita tetap pikirkan nasib karyawan nantinya, makanya hotel terus dibuka,” jelas Enggelien.

Sales Hotel Ibis Manado Jennifer Hartoyo juga mengaku tingkat hunian akibat covid ini hanya belasan persen saja. “Okupansinya turun jauh sekali. Sekarang ini hanya belasan persen saja,” kata Jennifer.

Dia optimis badai covid ini akan berlalu, supaya kelak okupansi Ibis akan kembali normal. “Badai covid pasti berlalu. Semoga bisa cepat normal kembali,” ucapnya singkat. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here