Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Gebrakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam bidang pariwisata mendapat perhatian pemerintah pusat bahkan dunia internasional. Salah satu perhatian dunia internasional berasal dari Australia, atau tepatnya dari stasiun TV ABC News Australia.

Mereka secara khusus mewawancarai Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di kediaman Gubernur Olly.

Saat diwawancara seorang reporter ABC News Australia, Olly menegaskan Sulawesi Utara bisa menjadi Bali yang baru di Indonesia. “Asal seluruh stakeholder dan masyarakat Sulut mendukung sepenuhnya.” ujar Olly Dondokambey di Kolongan, Minahasa Utara, Selasa (26/11).

Crew ABC news Australia juga menggali komitmen dan potensi pariwisata Sulut yang masuk 5 super prioritas wilayah yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Kata Olly, potensi alam dan kearifan lokal masyarakat Sulut yang dikenal ramah itu, menjadi modal awal yang sangat potensial dan strategis untuk menjadikan Sulut sebagai daerah tujuan wisata favorit di Indonesia setelah Bali dan daerah lainnya.

“Wilayah kami ini orangnya murah senyum, alamnya subur dan keamanan sangat kondusif dengan keanekaragaman kekayayaan hutan dan hewan langka yang menarik untuk dikunjungi,” ungkap Olly.

Untuk itu, ujar Olly, dengan perhatian dan dukungan kebijakan keuangan dari Pemerintah Pusat yang tercermin dari isian DIPA yang mencapai Rp24 triliun lebih itu, maka dengan konsep pembangunan bertahap dan berkelanjutan, maka sektor Pariwisata KEK Likupang akan mendapatkan alokasi yang cukup besar.

“Dalam rangka menggapai target¬† 1 juta Wisatawan mancanegara pada tahun 2025, maka pembangunan sarana dan prasarana fisik KEK Likupang dan destinasi wisata lain di Sulut akan menjadi skala prioritas pembangunan yang kami lakukan saat ini,” papar Olly, sambil menegaskan agar SKPD terkait serta seluruh stakeholder kepariwisataan di Sulut harus mengambil peran secara kreatif dan maksimal sesuai tupoksi masing-masing. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here