Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Sulawesi Utara sampai hari ini ada 17 orang. Jumlah ini bertambah dua orang dibanding kemarin.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 di Sulut, dr Steaven Dandel berujar dua pasien terbaru itu berjenis kelamin laki-laki dan sempat melakukan perjalanan dari Jakarta. “Pasien ke-16 pria berusia 72 tahun, asal Manado dan sempat melakukan perjalanan dari Jakarta. Nah, pasien ke-17 itu yakni pria berusia 45 tahun asal Manado, dan juga melakukan perjalanan dari Jakarta,” ungkap Dandel ketika pemaparan kepada wartawan melalui video conference, Ahad (12/4).

Dandel menjelaskan pasien ke-16 sudah dirawat sejak 2 April, dan pasien ke-17 dirawat sejak 8 April. Dari kedua pasien juga sudah dilakukan tracing orang-orang yang kontak erat dengan kedua pasien ini.

“Ada 20 orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif ke-16, dan untuk pasien ke-17, ada 43 orang yang kontak erat dengannya,” papar Dandel.

Ditambahkan Dandel bahwa jumlah kontak erat tersebut bisa diperluas lagi.

Sementara, jumlah orang dalam pemantauan di daerah ini yang tercatat pada hari ini ada sebanyak 296 orang. Dan jumlah pasien dalam pengawasan ada sebanyak 31 orang yang.

“31 PDP kini sudah terbagi di empat rumah sakit untuk dilakukan perawatan,” ujarnya.

Dia menyebutkan juga bahwa di rumah singgah ada 33 orang yang tengah dilaksanakan isolasi. Untuk pelaku perjalanan pada hari ini tercatat ada 333 orang yang sudah dimintakan untuk swaisolasi.

“Total pelaku perjalanan sampai hari ini berjumlah 24.102 orang yang sudah dinotifikasi,” kata dia. (RTG)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here