Candi Borobudur, menjadi salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas. Foto: wandernesia

Oleh: Anisa Tri K

Kawanuainside.com, Jakarta – Kementrian Pariwisata bersama berbagai instansi terkait, saat ini sedang mengembangkan potensi wisata di lima destinasi super prioritas Indonesia, yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Daerah wisata tersebut, kini tengah didorong pengembangan infrastrukturnya, agar bisa selesai pada 2020 mendatang. Presiden Jokowi menginginkan pembangunan tersebut dipercepat, sehingga dapat segera dipromosikan secara masif. Di mana saja lima destinasi super tersebut? Berikut ulasannya.

1. Danau Toba

Ada banyak hal menarik yang dapat dieksplor ketika berwisata ke Danau Toba. Apalagi pada 2020, danau terbesar di Asia Tenggara ini akan dijadikan Bali Baru.

Dengan status danau tekto-vulkanik, Danau Toba menawarkan pesona alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau serta jernihnya air danau. Tidak hanya itu, di sekeliling Danau Toba, terdapat banyak sekali spot wisata alam maupun budaya yang sangat potensial.

Sebut saja Bukit Holbung, kota Balige hingga beragam air terjun menawan, mulai dari Sigura-Gura hingga Efrata.

2. Borobudur – Daerah Istimewa Yogyakarta

Sebagai monumen Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur adalah wisata yang menarik di Jawa Tengah. Terletak di Magelang, objek wisata Borobudur selalu mampu menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dibangun pada masa Dinasti Sailendra antara tahun 780-840 Masehi, Candi Borobudur masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia versi UNESCO dan menjadi tempat wisata paling sering dikunjungi di Indonesia.

Tak hanya bangunannya saja yang megah, relief relief yang tergurat di candinya pun menyiratkan beragam makna terpendam yang membuat penasaran semua orang yang melihatnnya.

Belum lagi adanya mitos tentang danau purba. Tak heran kalau situs bersejarah ini sangat terkenal di dunia dan masuk dalam 7 Keajaiban Dunia.

3. Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur

Kabar baik untuk Labuan Bajo. Destinasi wisata favorit turis asing ini, telah meningkatkan statusnya menjadi wisata tujuan kelas dunia.

Labuan Bajo merupakan sebuah kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores, Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores.

Kota ini adalah tempat singgah bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. Di sini Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan. Matahari yang mulai tenggelam menciptakan pemandangan indah dari pulau – pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan, sambil menikmati panorama sunset yang menakjubkan.

4. Mandalika – Nusa Tenggara Barat

Nama Mandalika semakin dikenal dunia setelah pemerintah menetapkan kawasan ini sebagai destinasi pariwisata prioritas, dan akan memiliki sirkuit bertaraf internasional.

Setidaknya ada 5 pantai menawan yang tak kalah indah dari Gili Trawangan di kawasan Mandalika. Sebut saja Pantai Tanjung An, Pantai Serinting, Pantai Gerupuk yang cocok bagi penggila olahraga selancar, Pantai Kuta Lombok dengan pasirnya yang putih dan lembut, dan Pantai Seger yang menjadi lokasi Festival Bau Nyale.

Dari atas bukit-bukit yang eksotis, wisatawan bisa menyaksikan keindahan pantai-pantai ini dari atas ketinggian.

Mandalika juga menjadi rumah bagi suku Sasak, suku asli Lombok yang bisa wisatawan temukan di dua desa adat, yaitu Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende. Di dua desa adat itu wisawawan lokal maupun mancanegara bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang suku sasak.

5. Likupang – Sulawesi Utara

Nama Likupang mungkin masih terdengar asing. Sekilas, pulau ini mirip dengan pulau wisata di Tanah Lot, Bali.
Pantai Likupang terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Berjarak sekitar 48 kilometer sebelah timur laut Kota Manado.

Pantai Likupang mempunyai hamparan pasir pantai berwarna putih, bukit yang hijau serta air laut yang berwarna biru segar. Ombaknya pun relatif tenang, karena di depan pantai ini terdapat Pulau Bangka yang juga berfungsi sebagai penahan ombak besar yang datang ke arah Pantai Likupang.

Panorama sekitar kawasan pantai pun juga indah. Di pantai ini, Anda bisa snorkeling, diving maupun memancing. Dari Pantai ini pun, Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Bangka dengan menggunakan perahu motor.

Dari Pantai Likupang ke Pulau Bangka, waktu tempuhnya hanya sekitar 20 menit perjalanan.

Sebagai destinasi pariwisata super prioritas, saat ini, pemerintah menganggarkan Rp 9,35 Triliun kepada lima destinasi super prioritas. Dengan harapan, bisa menarik minat para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. (*/RTG/Dry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here