Oleh: Azhar AP

Kawanuainside.com, Makkah – Tenda jamaah haji di Mina terbakar. Tenda tersebut akan ditempati jamaah dari Asia Tengah dan Asia Selatan. Namun tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

“Betul kemarin ada sedikit insiden kebakaran tenda di Mina tapi skupnya kecil saja. Terjadi pada siang hari dan itu terjadi di tenda-tenda yang akan didiami oleh jamaah haji Asia Tengah, Asia Selatan dari India, Pakistan, Myanmar, Burma,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat meninjau kesiapan tenda-tenda untuk jamaah Indonesia di Mina, Senin sore waktu setempat.

Informasi tersebut juga tersiar juga di kalangan jamaah haji lewat video. Namun Menag memastikan kebakaran itu tidak menimpa tenda yang akan ditempati jamaah haji asal Indonesia.

Dia meminta agar jamaah dari Indonesia tetap tenang dan tidak panik mendengar kabar tersebut. Saat ini, jamaah dari seluruh negara belum menempati Mina. Mereka masih berada di masing-masing pemondokan atau hotel.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tidak ada korban luka, itu hanya peristiwa kecil dan mudah-mudahan tidak akan terjadi di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Pada Ahad (4/8), sebuah video kebakaran di sejumlah tenda di Mina sempat viral dan beredar luas di kalangan jamaah dari Indonesia. Banyak jamaah bertanya-tanya dan ingin mendapatkan kepastian perihal tenda yang terbakar tersebut.

Video itu direkam secara amatir oleh orang yang menggunakan bahasa Arab dan terdengar beberapa kali percakapan dalam bahasa Arab. Dalam video itu ada latar gambar asap hitam yang mengepul di atas tenda-tenda Mina yang bercungkup khas dan berwarna putih sehingga amat mudah dikenali. (RTG/Aza/Antara)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here