Imam Sarjono

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) membenarkan adanya penahanan AL alias Liem, Pemilik tempat hiburan malam Altitude, Kota Manado pada Senin (9/9) malam. Kabar tersebut sebagaimana diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagtara Cerah Bangun melalui Kepala Bidang Fasilitas dan Humas Kanwil Bea Cukai Sulbagtara Imam Sarjono, hari ini di ruang kerjanya.

Kata Imam kepada Kawanuainside.com, penangkapan AL dilakukan untuk mempercepat proses kelengkapan berkas di Kejaksaan. Sebab pada dasarnya AL sudah dijadikan tersangka sejak beberapa waktu lalu. AL kini dititipkan ke Rutan Kelas 2A Malendeng, Kota Manado.

“Sampai tadi saya konfirmasi ke kejaksaan, berkasnya sudah cukup komplet, sehingga dalam waktu tidak lama lagi akan P21. Penahanan AL dilakukan maksimal sampai dengan 20 hari sejak hari penahanan,” tambah Kabid Imam menjelaskan.

Lebih lanjut, disampaikan Imam bahwa AL menjual 1.943 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) Golongan B dan C. Adapun jumlah merek yang dijual sebanyak 39 merek.

“Jadi dari keseluruhan yang dijual tersebut, diperinci lagi ada 1.639 botol MMEA menggunakan pita cukai palsu, kemudian sebanyak 302 botol menggunakan cukai asli, dan 2 botol tanpa cukai,” paparnya menambahkan.

Disebutkannya juga bahwa AL diduga melanggar Pasal 54 dan atau pasal 56 UU no 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas UU No 11 Tahun 1995 tentang cukai (jo) pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. (RTG)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here