Oleh: Rizki Daniarto

Kawanuainside.com, Surabaya – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari menjadi program pemerintah yang ditunggu-tunggu. Adanya KEK Singhasari akan mendongkrak tumbuhnya ekonomi baru khususnya di sektor pariwisata dan digital.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, cloud and computting menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu kerja sama dengan sektor-sektor strategis seperti dengan IBM dan AWS adalah menjadi kebutuhan bagi Jawa Timur. Terlebih Jawa Timur ditunjuk sebagai pilot project untuk pengembangan teknologi IT oleh Menteri Perindustrian.

“Kami yakin ini menjadi bagian penting bagi  Pemprov  Jawa Timur untuk take off di bidang ekonomi digital dan teknologi. KEK Singhasari akan memberikan manfaat besar tidak hanya bagi warga Malang Raya, tapi juga Jawa Timur dan Indonesia,” kata Khofifah, Rabu (9/10).

Setelah melaksanakan ground breaking Aloon-Aloon Singhasari, pihaknya berharap program berikutnya adalah titik-titik detail KEK segera disiapkan. Baik yang cluster untuk  tourism maupun  digital IT.

KEK Singhasari memiliki luas sebesar 120.3 hektare. Yang meliputi kawasan Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Setelah diterbitkan PP No 68 Tahun 2019 ini, maka Bupati Malang ditugaskan untuk membentuk badan usaha pembangun dan pengelola KEK Singhasari dalam jangka waktu 90 hari sejak PP diundangkan.

Badan usaha tersebut yang nantinya bertanggung jawab atas pembiayaan pembangunan dan pengelolaan KEK Singhasari. Maksimal dalam waktu tiga tahun badan usaha tersebut harus sudah bisa beroperasi.

Pihaknya meminta kepada semua pihak dapat menyampaikan pada siapapun yang akan berinvestasi di Jawa Timur. Dia mengatakan, provinsi ini aman dan kondusif. Investor bisa berinvestasi di sektor yang menjadi bagian dari passion dan concern mereka. Khusus di KEK Singhasari terutama di bidang wisata dan digital IT.

Alasan dibentuknya KEK adalah pemerintah ingin membangun 10 destinasi wisata Bali baru. Jawa Timur menjadi salah satu yang terpilih dengan ikon wisatanya adalah Bromo Tengger Semeru. Pemerintah pusat juga akan memberikan dukungan dana dari APBN untuk KEK.(RTG/Riz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here