Kepala Bidang Peningkatan Kinerja PNS PANRB, Agus Yudi Wicaksono. Foto: istimewa

Oleh: Anisa Tri K

Kawanuainside.com, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah merancang pemberlakuan tambahan hari libur bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi tiga hari, yakni hari Jum’at, Sabtu dan Ahad.

Kepala Bidang Peningkatan Kinerja PNS PANRB, Agus Yudi Wicaksono menjelaskan, jika sistem tersebut bukan untuk diterapkan oleh semua ASN, melainkan sebagai bentuk penghargaan, dalam program pilot project yang bersubstansi pada percepatan pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP 30/2019) tentang Penilaian Kinerja PNS.

“Libur itu sebagai bentuk penghargaan bagi para ASN yang kerjanya diatas ekspektasi. Bagaimana ia bisa mengimplementasikan PP 30. Dimana PP tersebut menilai indikator aktifitas dan kinerjanya,” jelas Yudi kepada  Indonesiainside.id Rabu (4/11).

Menurut Yudi, saat ini masih terdapat ketidakpercayaan publik terhadap birokrasi, sebab para aparatur hanya melakukan hal yang dianggap kewajiban hariannya saja dan tidak terlihat kerja nyata yang berdampak bagi instansi juga masyarakat.

“Kick off dari Pilot Project adalah tentang mengukur manajemen kinerja ASN. Dengan demikian, kehadiran pemerintah dan birokrasi betul-betul dapat terlihat dan hasil kerjanya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Hadirnya PP Penilaian Kinerja PNS juga diharapkan dapat melahirkan birokrasi serta ASN yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang berujung pada pelayanan publik.

Lebih lanjut, Yudi menjelaskan jika pilot project ini akan dilaksanakan mulai Januari 2020 – September 2020, bulan selanjutnya akan dilakukan proses evaluasi, dengan menilai kebijakan mana yang bisa diterapkan, dan kebijakan mana yang bisa di lakukan upgrade. “Dalam penilaiannya, fleksibilitas kerja ASN (bekerja secara remote) juga akan dilakukan penilaian. Tidak hanya sebatas bagaimana ia menjalankan task yang sudah menjadi kewajibannya, tapi juga bagaimana dia melaksanakan kerja nyata di lapangan,” jelas Yudi.

Diharapkan, program yang telah dirancang selama ini dapat menjadi panduan agar setiap ASN dapat bekerja sesuai dengan apa yang telah diatur, baik dalam perilaku, kinerja, kemampuan leadership, serta sikap dalam melayani publik. (RTG/PS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here