Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Dua kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Utara Melky Jakhin Pangemanan dan Jurani Rurubua turun lapangan membagikan masker gratis kepada warga. Melky turun langsung di Terminal Airmadidi, Minahasa Utara dan Jalan Raya Manado-Bitung, sementara Jurani langsung door to door ke rumah warga membagikan masker.

Melky yang juga dikenal sebagai anggota DPRD Sulut mengatakan apa yang dilakukannya bagian dari solidaritas pada warga yang kesulitan mendapatkan masker dan hand sanitizer. “Ini bagian dari rasa solidaritas kita bagi warga yang saat ini dalam masa sulit. Faktanya sekarang terjadi kelangkaan masker dan hand sanitizer sehingga warga sangat sulit mendapatkannya. Makanya sebisa mungkin kita membantu warga yang lagi membutuhkan barang tersebut,” jelas Melky, Jumat (20/3).

Dia meminta masyarakat Sulawesi Utara disiplin mengikuti setiap imbauan pemerintah. “Kita taati iimbauan pemerintah dengan menerapkan social distancing untuk mencegah penularan covid-19. Jauhi kerumunan, aktivitas di rumah saja baik belajar, kerja dan ibadah. Minimalisir berdekatan dengan orang lain, berusaha berjemur matahari pagi, dan menunda setiap kegiatan massal,” ajak Melky.

Sementara Jurani mengaku datang langsung ke rumah warga supaya bisa mengedukasi warga untuk tetap di rumah. “Saya mengambil kebijakan memberikan kepada masyarakat secara door to door, agar masyarakat tetap berada dalam rumah, dan mengedukasi perbedaan masker kain dengan masker kesehatan,” ucap Jurani saat dihubungi.

Kata Jurani bahwa masker kain yang dibagikan bisa dipakai secara berulang-ulang, namun masker kain tersebut tidak mempunyai bahan yang mengandung anti bakteri. Sehingga ia berpesan kepada warga untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dipakai.

“Untuk itu harus ditambahkan produk seperti tisu basah yang mengandung anti bakteri atau produk yang mengandung nano anti bakteri,” imbuh anggota DPRD Kota Manado ini.

Disebutnya juga bahwa biasanya jika berjumpa atau bertemu dengan konstituennya pasti memeluk, namun kali ini dirinya harus memberi masker dengan menjaga jarak, sambil meminta maaf hanya bisa melipatkan tangan.

“Senang rasanya bisa berbagi. Tolong dijaga kesehatan kalian ya,” sebutnya mengakhiri. (RTG)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here