Oleh: Nurcholis

Kawanuainside.com, Arafah–Lebih dari dua juta jamaah haji telah tiba di Bukit Arafah hari Sabtu (10/8), mendekati puncak ibadah haji.

Beberapa jamaah meneteskan air mata, pria dan wanita mengangkat tangan mereka untuk berdoa di lereng bukit berbatu Arafah.

Jamaah berangkat menuju Arah sejak sebelum fajar hari Sabtu pagi menuju bukit tempat Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya sekitar 1.400 tahun yang lalu, menyerukan persatuan di antara umat Islam.

Otoritas keamanan Saudi mengatur jalan dan memandu para jamaah untuk memastikan ibadah mereka berjalan dengan aman, kutip Arab News.

Salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, hari kedua prosesi ibadah haji sering kali menjadi momentum paling berkesan bagi seluruh jamaah.

Sabtu ini, 10 Dzulhijjah 1440 H atau 10 Agustus 2019 adalah puncak ibadah haji yang ditunggu-tunggu jamaah se-dunia. Saat itulah jamaah akan melaksanakan ibadah wajib haji yakni wukuf di Padang Arafah.

Mereka berdiri bahu membahu dengan Muslim lain dari seluruh dunia mencari rahmat dan ampunan Allah.

Di Padang Arafah, jamaah haji akan menempati tenda-tenda yang sudah disediakan sesuai dengan maktab yang telah ditentukan. Jamaah akan berwukuf memanjatkan doa di waktu dan tempat paling mustajabah yang hanya datang sekali dalam setahun.

Jamaah Indonesia

Sementara itu, lebih dari 210 ribu jamaah haji asal Indonesia diberangkatkan dari 11 sektor yang tersebar dalam tujuh wilayah zonasi di Makkah menuju Padang Arafah.

Mereka dibagi dalam tiga fase: pukul 07.00-12.00, 12.00-16.00 serta 16.00-24.00, serta dilayani oleh 21 bus.

“Kita telah menyelesaikan pemberangkatan jamaah Makkah-Arafah jauh lebih cepat empat jam dari tahun lalu,” kata Kadaker Makkah Subhan Cholid, Sabtu (11/08) dikutip MCH.

Menurut Subhan, dari data yang masuk, tercatat Sektor 2 Makkah paling cepat menyelesaikan proses pemberangkatan jamaah. Sedangkan penyelesaian pemberangkatan paling akhir dilakukan oleh Sektor 11 Makkah.

“Di sektor 2, pemberangkatan sudah selesai sejak pukul 18.00 WAS. Sedangkan sektor 11 baru menyelesaikan pemberangkatan pada pukul 20.50 WAS,” kata Subhan.

Proses pemberangkatan jamaah yang selesai lebih cepat ini juga diapresiasi Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman. (RTG/ck)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here