Gelar Ballon d'Or keenam bagi Lionel Messi

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Paris – 7Mega bintang Barcelona Lionel Messi dipastikan meraih rekor Ballon d’Or keenam di Paris, Selasa (3/12) dini hari WIB, setelah mengungguli bek Liverpool Virgil van Dijk dan striker Juventus Cristiano Ronaldo.

Pemain asal Argentina itu kini unggul satu tingkat di atas Ronaldo setelah keduanya sama-sama mengunci lima penghargaan ketika ia merebut kembali gelar yang terakhir dimenangkan pada 2015.

Ronaldo memenangkan penghargaan ini pada 2016 dan 2017 serta Luka Modric secara mengejutkan meraih gelar ini pada tahun lalu ketika ia mengakhiri dominasi sepuluh tahun dari dua ikon sepakbola itu.

Messi tampil produktif selama satu tahun ini, dengan mencetak 40 gol dan membuat 17 assist . Ia melakukan itu hanya dalam waktu 3.516 menit di atas lapangan, membawa klubnya lebih baik dari gol atau assist di setiap 61,7 menit.

Messi juga meraih gelar La Liga Spanyol yang kesepuluh dan Piala Super Spanyol yang kedelapan, namun ia gagal di final Copa del Rey dan tidak bisa berbuat apa-apa ketika Liverpool menggasak timnya 4-0 di Anfield sehinggha The Reds berhak meraih trofi Liga Champions.

Messi finis sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions dan La Liga serta sudah meraih penghargaan individual lain dalam bentuk ‘The Best’ Men’s FIFA.

Meski begitu, Messi gagal menginspirasi tim nasional Brasil untuk memenangkan Copa America setelah kalah di tangan Brasil di semi-final, namun unggul atas Cile dalam perebutan tempat ketiga.

Bek Liverpool van Dijk finis di urutan kedua, dengan ketiga rekannya, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Alisson ada di peringkat keempat, kelima, dan ketujuh setelah klub meraih gelar Liga Champions pada musim lalu dan kini berpeluang untuk merebut gelar Liga Primer Inggris yang pertama. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here