Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Maraknya kabar hoaks tentang gempa bumi di Sulawesi Utara menjadi keprihatinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Dia mengimbau warga Sulut untuk mencermati fenomena alam yang terjadi.

“Melihat maraknya informasi yang berseliweran di media sosial, saya minta warga untuk selalu tetap tenang, memantau kondisi lingkungan masing-masing serta tidak mudah percaya dengan informasi apapun bentuknya,” sebut Olly di Manado, Sabtu (16/11).

“Dan sebaiknya terus mencermati perkembangan yang terjadi melalui informasi resmi dan pemerintah daerah atau BMKG setempat melalui akun media sosial dan bentuk informasi lainnya yang disampaikan oleh pemerintah,” lanjutnya.

Lebih dari itu, sebagai umat beragama seluruh warga diajak untuk berdoa. “Sebagai umat beragama, di samping berjaga-jaga, saya mengajak seluruh masyarakat berdoa kepada TUHAN sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing, agar daerah ini terbebas dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Demikian imbauan dan harapan dari saya, harap menjadi perhatian kita bersama,” ajaknya.

Sebagaimana diketahui, Jumat 15 November 2019 pukul 00.30 Wita, wilayah Sulut terkena gempa bumi berkekuatan 7,1 SR. Pusat gempa di sekitar 134 kilometer sebelah barat laut Jailolo dengan kedalamannya mencapai 10 kilometer. Sempat dinyatakan berpotensi Tsunami, namun setelah satu jam kemudian pernyataan tersebut dicabut. (RTG)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here