Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com, Manado – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Minahasa membenarkan ada seorang warga Minahasa terkonfirmasi positif Covid-19 dan kini dirawat di RSUP Prof Kandou Manado. Hasil ini dipastikan setelah menerima hasil uji swab dari yang bersangkutan

“Pasien yang positif ini berjenis kelamin pria berusia 25 tahun, dia diketahui bekerja dan tinggal di Jakarta. Dia kembali ke Minahasa pada 12 Maret lalu,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Minahasa dr. Maxi Umboh, Jumat (10/4).

Dijelaskan Umboh, sebelumnya warga tersebut sudah masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUP Prof. R.D Kandou Manado. “Kami sudah melakukan penanganan sesuai protokol Covid-19 termasuk melakukan tracing orang-orang yang sempat kontak dengan pasien,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring meminta masyarakat Minahasa tetap tenang dan terus mengikuti semua imbauan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran wabah tersebut. “Kalau kita tenang, bisa berpikir jernih sehingga hal-hal positif yang kemudian kita lakukan,” katanya sembari menyatakan dengan dukungan warga, pemerintah akan berupaya maksimal melakukan penanganan Covid-19 ini.

Bupati Roring juga terus mengingatkan agar warga mematuhi anjuran social distancing dan physical distancing sehingga dapat memutus rantai penularan. “Di atas semua itu mari terus berdoa bahkan berpuasa untuk menggumuli persoalan besar yang Tuhan izinkan ada di tengah kita, yang saya yakini akan membuat kita semakin dekat dan percaya pada kasih Tuhan. Aminkan bahwa ada pelangi kasih Tuhan di balik pergumulan ini,” tegasnya.

Wakil Bupati, Robby Dondokambey, pun mengharapkan agar warga Minahasa terus menjaga kesehatan baik pribadi maupun lingkungan sekitar. Kepada aparat pemerintah diminta untuk lebih memperketat pemantauan terhadap orang yang datang dari luar Minahasa.

“Mohon dipantau dengan baik para pendatang di daerah kita ini,” sebut dia.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut dr. Steaven Dandel mengatakan untuk pasien ke-14 terkonfirmasi positif covid-19 di Sulut ini baru akan disampaikan register resminya ke kemenkes pada Senin (11/4) besok. “Tapi hasil lab sudah disampaikan ke Pemkab Minahasa untuk melakukan pelacakan kontak cepat,” imbuh dia. (RTG)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here