Petani Belanda berunjuk rasa di Den Haag dengan mengendarai traktor. Jalanan pun macet total.

Oleh: Arif S 

Kawanuainside.com, Amsterdam – Ada cara tak biasa yang dilakukan petani Belanda saat unjuk rasa. Mereka tak hanya jalan beriringan atau naik kendaraan saat melakukan demonstrasi pada Selasa (1/10) di Amsterdam.

Seketika lalu lintas di sepanjang jalan Kota Den Haag pun lumpuh pada pagi hari. Penyebabnya adalah ratusan petani di sana menggelar unjukrasa dengan mengendarai traktor.

Mereka mengemudikan traktor dengan lambat. Padahal jalur yang mereka lalui itu merupakan jalan raya. Tak ayal, lalu lintas pun dibuat macet karenanya.

Rencananya sekitar 10.000 petani akan melakukan protes di Den Haag. Mereka menyuarakan ketidakadilan karena disalahkan atas masalah polusi nitrogen yang terjadi negara itu. Polusi nitrogen itu saat ini menjadi masalah politik utama di Belanda.

Organisasi pengemudi dan jalan raya di negara itu, ANWB, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kemacetan lalu lintas yang panjang –lebih dari 1.000 kilometer (621,37 mil)– terjadi akibat traktor-traktor peserta demo yang melintas. ANWB menganggap hal itu menjadikan salah satu perjalanan pagi terburuk di sepanjang sejarah negara tersebut. (RTG/AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here