Kadin Sulut

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com Manado – Terkait dualisme kepemimpinan di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut), antara yang dipimpin Hangky Arther Gerungan dengan Kadin Sulut yang dipimpin Jemmy E.E. Tumimomor membuat Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven Kandouw pun angkat suara. Melalui pesan singkatnya, Steven Kandouw menegaskan hanya mengakui Kadin Sulut di bawah kepemimpinan Hangky Arther Gerungan.

“Yang kami akui itu Kadin di bawah kepemimpinan Pak Hengky Gerungan,” tulis Kandouw singkat kepada Kawanuainside.com Selasa (24/2).

Kandouw juga mengakui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Edwin Kindangen lalai saat datang ke pelantikan Jemmy Tumimomor, sebagai Ketum Kadin Sulut periode 2020-2025, Jumat (21/2). “Yang bersangkutan lalai dalam menjalankan tugas,” tambah Kandouw.

Senada dengan Kandouw, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani pun hanya mengakui kepemimpinan Hangky Arther Gerungan. “Ketua adalah Hangky Gerungan,” sebut Roeslani lewat pesan singkatnya hari ini.

Diketahui, dugaan dualisme ini mencuat setelah adanya pelantikan Jemmy Tumimomor, Jumat (21/2) lalu sebagai Ketum Kadin Sulut. Ketika itu, Jemmy Tumimomor dilantik oleh Ketua Umum Kadin Indonesia versi Eddy Ganefo.

Sementara Kadin Sulut yang dipimpin Hangky Gerungan dilantik Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Timur Andi Rukman Nurdin atas nama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, pada 2017 silam.

Dua kubu saling menyatakan argumennya kepada Kawanuainside.com

“Kadin dipimpin Pak Jemmy itu abal-abal, tidak direstui pemerintah,” tegas Wakil Ketua Kadin Sulut versi Hangky Gerungan, Ivanry Matu, Senin (24/2).

Ivanry juga melampirkan surat dari Pimpinan DPD RI, Lanyalla Mattalitti tertanggal 19 Februari 2020 yang ditujukan kepada Gubernur se-Indonesia, yang menyebutkan Kadin Indonesia yang sah yakni yang diketuai Rosan Roeslani. “Makanya kan waktu mereka pelantikan, Gubernur tidak hadir,” tambah Matu.

Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Sulut Servi Killis versi Jemmy Tumimomor menyatakan kepengurusan Jemmy Tumimomor dan seluruh anggota yang baru dilantik Jumat, pekan lalu, adalah sah dan bukan abal-abal. Servi menambahkan kepengurusan Hangky Gerungan hanya peduli dengan pengusaha besar.

“Kasihan UKM yang ada di Sulut tidak diperhatikan,” ujar Servi kepada Kawanuainside.com melalui sambungan telepon, Senin (24/2).

Dia mengakui pimpinan DPD RI Lanyalla Mattalitti sempat menjadi Ketua Kadin Surabaya, namun pada saat ini sebagai pimpinan DPD tak ada korelasinya dengan Kadin Sulut. Dijelaskannya juga bahwa sebelum pelantikan, calon-calon pengurus Kadin Sulut sempat bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

“Iya kita dapat restu dari Pak Gubernur saat bertemu beliau di kantornya. Untuk dia tak hadir saat pelantikan, karena dia acara lain dan dia mengutus Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut untuk mewakili beliau,” jelas Servi sambil menyatakan sambutan Kadisperindag Sulut Edwin Kindangen ada terucap mewakili gubernur.

Disebutkannya juga bahwa saat ini kepengurusan yang baru dilantik ini siap digugat bila kepengurusan Hangky Gerungan keberatan. “Silakan digugat di pengadilan, biarkan pengadilan yang memutuskan mana yang sah,” tukas dia.

Katanya lagi, saat ini pihaknya tengah memikirkan mengenai program-program yang dapat menggerakan UKM di Sulut. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here