Akad kredit massal KPR Subsidi FLPP di Kanwil BNI Manado. Istimewa.

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com Manado – Akad kredit massal sebanyak 72 debitur KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang digelar serentak PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Manado, Rabu (26/2). Akad ini merupakan bentuk BNI Wilayah Manado mendukung Program Satu Juta Rumah, di mana pada bulan ini ada 2.046 nasabah BNI se-Indonesia yang menandatangani perjanjian KPR Sejahtera FLPP itu.

Head of Region BNI Manado Koko Butar-butar menuturkan tahun ini, BNI mendapatkan kuota hingga 12.000 rumah subsidi FLPP. “BNI menerima kuota penyaluran sebanyak 12.000 unit rumah subsidi FLP di tahun 2020 ini,” terang Koko.

Koko menjelaskan kuota penyaluran tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini berarti BNI konsisten mendukung program pemerintah dalam penyediaan satu juta rumah.

“BNI harus turut berkontribusi dalam program tersebut. Apalagi kami perusahaan BUMN,” ungkap Koko.

Head of Consumer, BNI Kanwil Manado, Faiq Hamami menuturkan Kota Manado dan Kota Palu dipercayakan untuk menggarap pasar nasabah KPR sejahtera subsidi FLPP tersebut.

“Iya benar, untuk wilayah Manado ini ada 72 debitur yang akad kredit di tahap awal,” papar Faiq.

Sementara itu, Wakil Ketua REI Sulut, Cliff Nicolaas menjelaskan target tahun ini 4.000 rumah bisa diberikan fasilitas FLPP. “Progress paling akan ramai saat pertengahan hingga akhir tahun. Kalau sekarang masih 10% rumahnya yang dibangun,” tukas Nicolaas.

Nicolaas mengharapkan pembangunan rumah subsidi akan maksimal dilakukan tahun ini. Sebab tahun lalu, pemerintah mengurangi kotanya.

“Alhasil 2018 lalu, tidak maksimal berjalan,” keluhnya menambahkan.

Sejauh ini, di tahun 2018 penyaluran KPR FLPP BNI sudah mencapai Rp914 miliar dengan rumah yang dibangun sebanyak 7.214 unit rumah. Sementara tahun 2019, penyalurannya menyentuh Rp1,263 triliun, dengan jumlah rumah sebanyak 9.743 unit. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here