Alex Rins

Oleh: Eko P

Kawanuainside.com, Jakarta – Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins akhirnya menjuarai balapan MotoGP Inggris di Silverstone setelah mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) di tikungan terakhir jelang finis, Ahad (25/8).

Marquez, yang memimpin hampir sepanjang lomba, mendapati kejutan pada detik-detik terakhir dari rival senegaranya itu sebelum finis runner-up dengan margin sangat tipis 0,013 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Vinales mengekor di podium dengan finis ketiga.

Rins, yang start dari P5 langsung melesat tiga posisi ke depan untuk memburu Marquez di depan.

Valentino Rossi yang melorot ke P3, dilewati oleh rekan satu timnya, Maverick Vinales pada lap ketujuh.

Juara GP Amerika Serikat itu terlibat salip menyalip dengan Marquez di lap ke-9 namun sang pembalap Honda mampu merebut kembali pimpinan lomba.

Pembalap bernomor 42 itu menjaga jaraknya di bawah 0,5 detik di belakang Marquez. Keduanya kembali saling salip di dua lap terakhir sementara Vinales semakin mendekat di P3.

Rins melancarkan serangan terakhirnya di tikungan terakhir untuk menyalip Marquez dari sisi dalam jelang finis dan meraih kemenangan keduanya musim ini.

Kru tim Suzuki Ecstar pun melakukan selebrasi usai mendapati kejutan di penghujung lomba itu.

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) gagal menyelesaikan lomba setelah terjatuh di Tikungan 1 usai start. Andrea Dovizioso (Ducati Team) tak bisa menghindari motor Quartararo yang tergelincir ke jalurnya sehingga sang pebalap Ducati itu ikut terpelanting ke gravel hingga motornya terbakar.

Sementara itu, Rossi, yang start dari P2, gagal naik podium dan harus puas finis P4 diikuti oleh pebalap tim independen Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Pebalap tuan rumah Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) finis P6 menungguli Danilo Petrucci (Ducati Team) di P7.

Jack Miller (Pramac Racing) finis P8 di depan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) dan Andrea Iannone (Aprilia Racing Team Gresini) yang melengkapi peringkat 10 besar hari itu.

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) yang kembali membalap setelah absen delapan pekan karena cedera tulang belakang mendapati dirinya finis P14.

Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) bersenggolan dengan Miguel Oliviera (Red Bull KTM Tech) di Tikungan 14 dan gagal menyelesaikan lomba dengan 11 lap tersisa.(RTG/EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here