Papua Paradise Eco Resort Raja Ampat. Foto: Photohab

Oleh: Anisa Tri K

Kawanuainside.com, Jakarta – Diving adalah kegiatan menyelam di bawah laut. Diving dibagi menjadi dua macam, yaitu free diving atau menyelam bebas, dan scuba diving atau menyelam scuba. Diving adalah suatu olahraga sekaligus kegiatan rekreasi yang sedang populer saat ini. Seiring dengan banyaknya media exposure atas keindahan alam bawah laut Indonesia, semakin banyak pula yang menekuni diving sebagai hobi.

Baru-baru ini, 10 resort dan dive center Indonesia dinobatkan sebagai destinasi wisata menyelam terbaik dunia. Penghargaan membanggakan ini berdasarkan ulasan Dive Magazine Inggris.

Dive magazine merupakan sebuah majalah yang banyak mengulas tentang kegiatan menyelam di seluruh dunia. Majalah yang bermarkas di Inggris ini, sudah terkenal dalam objektifitasnya dalam memberikan penilaian terhadap sebuah destinasi menyelam dan segala komponennya.

Tahun ini, Dive Magazine memberikan penilaian kepada destinasi menyelam di dunia dan amenities-nya. Dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori destinasi, dive centre atau ressort, dan kategori live a board.

Sebagai negara dengan kepulaian terbesar di dunia, sudah selayaknya Indonesia masuk ke dalam nominasi.

Dan terbukti, Indonesia meraih penghargaan untuk kategori destinasi terbaik, dan kategori dive resort, dari Indonesia. Untuk kategori liveaboard, Indonesia menempati posisi runner up.

Kemenangan ini, diapresiasi oleh Ricky Ismail Soerapoetra, Ketua Umum Perkumpulan Wisata Selam Indonesia (PUWSI). “Saya mengucapkan selamat, bagi mereka yang mendapat penghargaan. Sebuah pengakuan yang membanggakan untuk industri selam dan resort selam di Indonesia,”

Ricky menambahkan, jika penghargaan ini sebagai pembuktian, jika wisata selam di Indonesia, nyatanya mampu untuk meraih kelasnya di dunia.

Keindahan wisata bahari di Indonesia memiliki pesona keindah yang tidak kalah dengan negara-negara lain, seperti Australia, Fiji, Filipina, Maldives, Vanatu, dan negara-negara lainnya yang memiliki resor dan destinasi menyelam terbaik dunia.

Berikut adalah 10 destinasi wisata selam dan resort terbaik di Indonesia, versi Dive Magazine Inggris.

1. Bunaken Oasis Dive Resort & Spa Indonesia

Resor ramah lingkungan mewah di Bunaken Oasis dibangun di lereng bukit curam yang menghadap ke hutan bakau di Pantai Liang di Taman Nasional laut Bunaken. Karena Taman adalah lingkungan yang dilindungi, resor menggunakan fasilitas Desalinasi sendiri untuk menghasilkan air segar yang dapat diminum dan menghindari kebutuhan untuk botol plastik, sementara air limbah diproses melalui pabrik pengolahan air.

Bunaken Oasis menawarkan 12 Vila besar yang dibangun secara tradisional, termasuk satu Vila Keluarga dengan dua kamar tidur, dan sebuah vila yang dekat dengan rumah panjang bagi mereka yang mungkin mengalami kesulitan berjalan. Kolam renang infinity resor, dengan kursi berjemur dan bar koktail, memberikan Anda kesempatan untuk bersantai di antara penyelaman, dan restoran dengan layanan lengkap menyajikan masakan Indonesia dan internasional.

Fasilitas tamu juga mencakup Perpustakaan ber-AC, kelas lengkap di pusat menyelam dengan TV layar datar 4K, dan ruang kamera yang luas dengan kelimpahan titik pengisian. Para penyelam dapat bersantai dengan pijatan dari salah satu terapis Spa yang terlatih sepenuhnya.

2. Ceningan Divers Indonesia

Ceningan Divers adalah salah satu pemenang penghargaan Eco-oriented PADI 5 Star Dive Resort. Nusa Ceningan, Pulau terkecil dari Trio yang berisi Nusa Lembongan dan Nusa Penida, hanya dari selatan-timur pantai Bali. Resor menyelam ini terletak ‘ di luar jalur ‘, sekitar 500m jauhnya dari Jembatan kuning ikonik yang bergabung Ceningan ke Lembongan.

Situs menyelam kelas dunia di Blue Corner, mangrove, dan Toyapakeh berjarak sangat dekat, dengan akses mudah ke pantai utara Penida. Teluk Crystal yang terkenal, rumah dari Molas, dan penduduk penduduk Manta sinar yang menghuni Pantai Selatan Penida mudah dijangkau. Green Fins operator dan anggota International ecotourism Society, Menyelam di daerah ini dilakukan dalam kelompok kecil, dan kursus PADI tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Romansch, dan Spanyol.

3. Critters@Lembeh Resort Indonesia

Lembeh Resort terletak di lokasi terpencil di Pulau Lembeh. Untuk bisa sampai ke tempat ini, hanya dapat diakses dengan perahu dari daratan. Pertama kali dibuka pada 2002 dengan tiga Cottage tamu, hari ini resor ini adalah rumah bagi satu vila sisi tebing, 13 Cottage mewah dan enam Kamar Taman. Sebuah kolam renang, Spa, dek laut, dan bar koktail memberikan kesempatan untuk bersantai di akhir hari yang sibuk. Akomodasi ini ditawarkan secara Full-Board dan restoran pusat menawarkan berbagai macam masakan asing dan domestik.

Pusat Menyelam, critters @ Lembeh, terletak tepat di pinggir laut dan mengklaim untuk menjadi rumah bagi Lembeh pertama dan hanya berdedikasi penuh waktu pusat fotografi. Lima kapal selam yang dibangun dengan tujuan yang dikelola oleh pemandu lokal berpengalaman dengan rasio tamu-ke-panduan maksimum 4:1. Ahli biologi laut purna waktu berada di tempat tinggal untuk membantu dengan identifikasi makhluk pasca-penyelaman.

4. Gangga Island Resort & Spa Indonesia

Pulau kecil Gangga terletak di pantai Manado di Sulawesi Utara, Indonesia, sekitar 20 menit dengan perahu dari Bandara Sam Ratulangi.

Gangga Island Resort & Spa memiliki 30 Bungalow berperabotan dan ber-AC dengan plafon tinggi dan beranda luas yang menghadap ke pantai, semuanya terletak di dasar bukit yang tertutup hutan dengan pantai pasir putih. Lokasi pulau Gangga memungkinkan penyelam untuk mengunjungi Pulau Bangka, Taman Laut Nasional Bunaken dan Selat Lembeh, memungkinkan untuk berbagai situs menyelam dari dinding belaka dan terumbu karang untuk menyelam pasir hitam. Dua restoran, ‘ Coconut Bar ‘, sebuah kolam air asin besar, Spa tradisional dan layanan pribadi melengkapi pengalaman yang tak terlupakan.

5. Manta Dive Gili Trawangan Indonesia

Manta Dive terletak tepat di seberang terminal perahu di tepi pantai Gili Trawangan. Anda cukup naik perahu cepat 2-3 jam dari Bali. Ini adalah satu-satunya pusat selam dan fasilitas pelatihan instruktur Diamond di wilayah dengan instruktur yang memenuhi syarat untuk mengajar kursus menyelam PADI dan SSI.

Manta Dive juga melayani komunitas penyelaman teknis, dengan berbagai program TDI yang tersedia di sebuah pulau yang hampir sangat cocok untuk penyelaman teknis. Pusat selam terdiri dari sebuah kolam renang dan ruang kelas ber-AC untuk pelatihan, area yang luas untuk persiapan dan bersantai, dan tiga perahu selam tradisional untuk penyelam feri ke tempat menyelam terdekat. Manta Café di hotel ini menyediakan banyak pilihan untuk makanan antara penyelaman dan bar Chappie depan pantai adalah tempat nongkrong sore dan malam yang luar biasa.

Di belakang pusat menyelam adalah sebuah resor kecil dengan kolam renang, 12 Kamar Double yang tertata apik dan delapan Bungalow kayu tradisional ‘ Lumbung ‘. Pilihan pilihan akomodasi alternatif di dekatnya juga tersedia melalui pusat menyelam.

6. Meridian Adventure Dive Resort Raja Ampat, Indonesia

Meridian Adventure Dive Resort adalah sebuah resor PADI bintang-5 yang terletak di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat, di Pulau Waigeo. Salah satu lokasi yang paling beragam di dunia, sering kali ada lebih banyak yang dapat dilihat di terumbu karang tunggal di Raja Ampat daripada yang ada selama seluruh liburan menyelam di lokasi lain.

Meridian adalah resor menyelam sadar lingkungan yang memiliki kamar resor ber-AC sendiri, atau para tamu dapat menikmati pengalaman lokal yang lebih budaya melalui pusat Homestay Dive Adventures. Perahu selam yang dibuat dengan tujuan siap untuk mentransfer kelompok kecil penyelam antar situs.

Meridian Marina-satu-satunya di Raja Ampat-menyediakan hub lokal untuk yacht dan pemiliknya.

7. Papua Explorers Dive Resort Raja Ampat, Indonesia

Papua Explorers Resort berada di ujung barat laut Semenanjung kepala burung Papua Barat. Sebagian besar situs menyelam Raja Ampat yang paling terkenal berada dalam jarak 10-30 menit naik perahu.

Terletak di tepi Selat Dampier, di mana arus yang kuat membawa air yang kaya nutrisi ke terumbu Raja Ampat, pertemuan makhluk besar adalah kejadian biasa. Resor ini dibangun menggunakan metode tradisional Papua dan bahan lokal, alam, dengan Bungalow dan restoran utama yang dibangun di atas panggung air.

Papua Explorers memiliki Liveaboard sendiri, Coralia, yang juga fitur di Top 25 tahun ini.

Tanjung KRI-salah satu tempat penyelaman paling dalam dan paling terkenal di Raja Ampat, Cape KRI memegang rekor sejumlah besar spesies ikan yang diamati pada satu tempat, ketika ahli biologi Kelautan Gerald R Allen melihat 283 spesies dalam satu penyelaman.

8. Papua Paradise Eco Resort Raja Ampat, Indonesia

Papua Paradise Resort terletak di sepanjang garis pantai murni dari pulau tak berpenghuni Birie, Raja Ampat. Pulau ini dipenuhi dengan kehidupan burung yang eksotis, dedaunan hutan yang rimbun, dan deretan fauna yang spektakuler, sementara terumbu karang di daerah sekitarnya menawarkan kegiatan menyelam kelas dunia.

Menawarkan bungalow sederhana namun nyaman yang dibangun dengan gaya tradisional Indonesia, resor terpencil ini jauh dari peradaban terdekat. Papua Paradise juga memiliki spa mewah satu-satunya di Raja Ampat-Spa In Paradise-untuk bersantai setelah hari yang sibuk menyelam. Resor ini dibuat khusus untuk penyelam dan kaya akan keragaman karang dan makhluk yang luas di Indonesia. Di atas air, mendaki melalui hutan hujan menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk menemukan burung surga yang berwarna-warni di Papua.

9. Siladen Resort & Spa Indonesia

Pemenang 2018 DIVE Travel Awards, Siladen Resort & Spa adalah sebuah resor selam butik yang terletak di Pulau Siladen di jantung Taman Laut Nasional Bunaken, Sulawesi Utara.

Resor ini dibuka pada 2003 sebagai resor menyelam ramah lingkungan, dengan penekanan pada melindungi taman laut dan lingkungan setempat. Akomodasi terpencil ini menawarkan semua fasilitas, dengan shower udara terbuka dan kursi berjemur yang menghadap ke laut yang tenang.

Siladen Resort & Spa adalah sebuah resor PADI bintang 5 dengan lebih dari 50 tempat menyelam dan snorkeling yang mudah dijangkau. Taman Nasional Bunaken mencakup luas total lebih dari 890 kilometer persegi, host 390 spesies karang yang berbeda, adalah pusat keanekaragaman hayati dunia laut dan peringkat di antara tujuan menyelam atas di seluruh dunia.

Taman ini dikenal dengan kehidupan makro yang kaya akan kehidupan terumbu karang. Jauh dari Taman, Siladen juga menyelenggarakan muck/Critter diving di Teluk Manado atau penyelaman karang yang lembut di lereng Pulau Bangka. Sebuah bangkai kapal juga tersedia untuk menyelam di dekatnya. Perahu kayu bergaya tradisional luas dan memiliki semua fasilitas keselamatan yang diperlukan, terutama untuk fotografer.

10. Wakatobi Indonesia

Wakatobi Resort terletak di lepas pantai Tenggara Sulawesi, sebuah resor terpencil dan terpencil, namun mudah diakses melalui landasan udara pribadi Wakatobi setelah penerbangan selama dua jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

15 Bungalow di tepi pantai, sembilan Bungalow palem berangkat dari pantai, dan empat vila pribadi tersedia, Semua saling terhubung dengan jalur yang sangat terawat yang berliku-liku melalui hutan tropis. Sebuah rumah panjang pusat berisi ruang pertemuan, ruang kelas, toko dan pusat menyelam, dan restoran gourmet di dekatnya menyajikan aneka masakan internasional dan lokal yang lezat.

Sebuah bar kecil yang terletak di ujung Jetty panjang Wakatobi memberikan tempat yang sangat baik untuk bersantai dan menyaksikan matahari terbenam dan bintang. Tiga perahu penyelaman dijadwalkan setiap hari, dengan menyelam malam mingguan juga tersedia. Laut dan suhu permukaan sedikit berbeda sepanjang tahun dan ada sangat sedikit di jalan pemutihan karang di sekitar terumbu Wakatobi. Fotografer dilayani dengan baik dengan yang berdedikasi, konstan suhu kamar kamera kering dengan bangku dan pengisian poin, dan ada banyak untuk melihat di antara karang. Wakatobi adalah sebuah resor yang didedikasikan untuk konservasi melalui Eko-pariwisata, dan mendedikasikan banyak sumber daya untuk melatih dan mendidik penduduk desa setempat, banyak di antaranya bekerja di resor.

Mendengar prestasi yang membanggakan ini, Abie Carnadie selaku anggota Kementrian Pariwisata Bidang 3 dari Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari memberikan tanggapannya.

Ia mengakui, jika saat ini, Wisata Selam Rekreasi, industrinya berkembang cukup pesat. Terutama di daerah-daerah yang memiliki destinasi penyelaman. “Industri diving ini sebenarnya bisa berkembang cukup pesat karena self regulated. Standar keselamatan dan service mengacu pada standar yg sdh ditetapkan oleh tiap-tiap agency selam,” ujar Abie sebagaimana yang dilansir dari Indonesiainside.id

Dengan prestasi membanggakan ini, sudah sepatutnya kita harus bangga dan terus mengupayakan kelestarian wisata bahari. (*/RTG/Dry)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here