Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut, dr. Steaven Dandel. Foto: Ronald Ginting/Indonesiainside.id.

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com Manado – Masyarakat Sulawesi Utara, Rabu (8/4), digemparkan dengan siaran langsung seorang pria warga Kota Bitung di facebook yang kembali dijemput petugas medis untuk dirawat di RSUP Prof Kandou Manado. Dalam siaran tersebut, disebutkan kalau pria itu sudah dipulangkan ke rumah karena hasil pemeriksaannya negatif covid-19.

Ketika ditanyakan terkait pasien itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, membenarkan pasien pernah dirawat di RSUP Prof Kandou Manado dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Selain itu, Dandel tak menampik kalau pasien ini sudah diuji swab.

“Betul hasil pemeriksaan pertamanya negatif, tapi saat pemeriksaan kedua, laboratorium mencurigai sampel itu memiliki komponen identik genetik SARS-CoV2. Makanya sampelnya diperiksa untuk ketiga kalinya,” ucap Dandel, kepada wartawan saat teleconference, Kamis (9/4).

Hasilnya ternyata sama juga yaitu ditemukan komponen identik genetik dari SARS-CoV2. Dandel menjelaskan pemberitahuan terkait sampelnya ini pun baru tiba pada Senin (6/4) malam.

“Makanya kami baru menyampaikan ke Pemerintah Kota Bitung pada Selasa (7/4) untuk menjemput yang bersangkutan. Di satu sisi pasien ini sudah dipulangkan ke rumah setelah menerima hasil pemeriksaan pertama yang menyatakan dia negatif. SOPnya seperti itu memang,” terang Dandel.

Dia bilang ketika menyampaikan ke Pemkot Bitung, dimintakan membujuk yang bersangkutan agar dirawat kembali di RSUP Prof Kandou Manado. “Sekarang ini dia akan menjalani pemeriksaan swab hingga dua kali. Kami akan pastikan dia bisa dipulangkan jika hasil pemeriksaannya negatif,” tukasnya.

Dia pun menerangkan kalau pasien ini adalah satu dari empat pasien yang tengah diverifikasi Kemenkes. “Jadi kemenkes tengah memverifikasi empat pasien di Sulut, termasuk yang bersangkutan, untuk memastikan status keempatnya,” ungkapnya lagi.

Saat ditanya dengan orang yang kontak erat dengan pasien saat sudah di rumah, Dandel memastikan akan memeriksa sejumlah orang. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here