Perayaan HUT ke-59 tahun SMA Negeri 1 Manado

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainaside.com, Manado – Puncak peringatan Dies Natalis SMA Negeri 1 Manado yang ke-59 tahun diperingati hari ini.
Berbagai atraksi kesenian tradisional mulai dari musik kolintang, tarian maengket, katrili, kabasaran, bahkan tarian modern, paduan suara, solo, pidato bahasa Inggris dan atraksi bela diri menjadi tontonan yang menarik.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manado, Sherly Kalangi mengatakan banyak prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswa SMA Negeri 1 Manado baik di tingkat kota, provinsi, nasional, dan internasional. Bahkan alumnus dari SMA Negeri 1 juga banyak yang telah berhasil menjadi orang-orang yang sukses, baik menjadi gubernur, komisioner KPK, dan masih banyak jabatan strategis lainnya.

“Di satu sisi kami mengakui masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Terlebih dalam segi prestasi akademik dan ekstrakurikuler,” sebut Sherly di sela-sela peringatan HUT SMA Negeri 1 Manado, Jum’at (13/9).

Dirinya juga bersyukur atas bantuan-bantuan dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara yang berulang kali diberikan menunjang pendidikan di SMA Negeri 1 Manado. Contoh bantuan dari Pemprov Sulut yaitu 40 unit komputer guna pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Ada juga bantuan Dana Alokasi Khusus untuk rehab sekolah, sanitasi, alat pembelajaran, dan beberapa aktivitas lainnya,” tuturnya menjelaskan.

Sherly optimis pada usia yang baru akan memotivasi menjadi sekolah yang lebih baik lagi dari semua lini.

Harapan yang sama disampaikan juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara Grace Punuh.

“Namanya SMA Negeri 1 berarti harus paling terdepan dalam prestasi. Dan itu juga yang saya minta tadi bisa diwujudkan oleh SMA Negeri 1 Manado,” ungkap Grace.

Secara umum, Grace berpesan kepada Kepala Sekolah Sherly Kalangi untuk memonitor siswanya yang lulus selama tiga bulan pertama setelah lulus. “Ini dilakukan untuk bisa mengetahui langkah selanjutnya dari dinas maupun sekolah,” sebut Grace.

Langkah ini agar bisa mengurangi jumlah angka pengangguran di daerah ini, karena Dinas Pendidikan Daerah Sulut bersinergi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk menyiapkan lapangan kerja bagi lulusan SMA dan SMK di daerah ini. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here