Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan sesudah mengikuti Sensus Penduduk. Istimewa.

Oleh: Ronald Ginting

Kawanuainside.com Manado – Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara sudah memulai menjalankan program Sensus Penduduk 2020 secara daring atau online sejak 15 Februari lalu. Data dari BPS Sulut hingga 21 Februari, respon masyarakat Sulut mengikuti sensus ini masih kecil. Terbukti baru 1,06% dari jumlah keseluruhan masyarakat Sulawesi Utara yang mengikutinya.

Khusus warga Manado, yang jumlah penduduknya paling banyak di Sulut, BPS Sulut mencatat baru 1,38% dari kisaran 500.000 jumlah warga Manado yang sudah input data secara daring.

Melihat masih minimnya warga yang mencoba, Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan pun tertarik mengikuti sensus yang ada di situs sensus.bps.go.id tersebut. Tanpa ragu, Mor menginput 21 data yang ditanyakan dalam situs itu.

“Puji Tuhan saya sudah berhasil sensus data saya dan keluarga. Sensus kali ini keren banget, karena penerapannya secara daring,” ujar Mor kepada Kawanuainside.com, Selasa (25/2).

Mor bilang di era industri 4.0 saat ini, semua warga Manado harus mensukseskan Sensus Penduduk 2020 ini, sebab hal ini telah menggunakan data administrasi Kementerian Dalam Negeri sebagai basis data. Kata Mor, program ini bisa mewujudkan satu data demi kemajuan pembangunan yang sedang dilakukan.

“Menurut saya, ini upaya konkret dan sangat mudah untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. Sensus Penduduk ini akan berlangsung pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020, dan saya mengajak masyarakat Kota Manado dapat melakukan dengan cara sederhana yaitu mengajak seluruh keluarga, tetangga serta orang di sekitarnya untuk mengisi sensus secara daring ini, dengan menyiapkan KTP, KK dan Akta Nikah,” papar Mor yang beberapa tahun lalu pernah menjadi legislator Manado.

Dia menjelaskan satu data ini sangat diperlukan juga oleh Pemerintah Kota Manado, supaya program Pemkot Manado bisa tepat sasaran dan lebih efektif. “Sekali lagi saya minta semua warga Manado, input data Anda di sensus.bps.go.id. Secara langsung, dia menginstruksikan seluruh jajarannya di Pemkot Manado bisa lebih dahulu menginput data itu,” tegasnya. (RTG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here